Canon i320 i255


Printer tidak keluar tinta setelah di reffil atau ganti tinta orginal

Pagi-pagi hari minggu tgl.24 agustus 2008 seusai mandi tiba tiba ada tetangga datang dengan tergesa gesa katanya minta pertolongan dia punya printer Canon i255,  terjadi blingking dan kalo ngeprint tintanya pada hasil cetakan tidak keluar tulisannnya (saran untuk membeli printer atau beli printer baru alias lembiru). Setelah sampai di medan juang (hihihi kebetulan semangat masih semangat 17 Agustus 1945 …) langsung aku buka cover depat/ tutup depan, dan ku keluarkan tinta, dan masknya, Keadaan darurat seperti ini aku berfikir untuk meminta air pasas kemudian aku rendam dan di goyang goyang, ingat hanya bagian headnya saja tanpa merendam semua bagian secara keseluruhan. Lemudian aku masukan lagi , pasang secara lengkap. dengan syarat harus sudah dikeringkan menggunakan jangan gunakantisue basah tapi tisue kering.

Kemudian lalukan di printer property untuk di bagian tab maintenance pilih (cleening head). akhirnya alhamdulillah bisa di gunakan dan cetakan printer normal kembali.

PENYEBAB

Kejadian ini sering kita alami malah kemungkinan yang mempunyai printer jenis inkjet pernah atau mungkin suatu saat akan mengalami juga. Ini sering dikenal dengan Clogged print head atau istilahnya head print mengering atau tersumbat. Sebelum melangkah lebih lanjut emang seharusnya kita ekstra hati-hati dengan print head. Sangat bijaksana kalau kita sering mengecek kondisi print head secara periodik untuk masalah seperti ini. Jika masalah head seperti ini mulai nampak sebaiknya mulai siap-siap kita antisipasi sebelum semakin parah lama-kelamaan.

Head printer bisa mengering dan tersumbat jika suatu saat dalam jangka waktu agak lama printer tidak pernah atau jarang kita gunakan. Ini disebabkan tinta yang mengering dan menyumbat lubang di head printer. Untuk masalah ini kita bisa berusaha dengan berbagai cara untuk mengatasi maslah ini:

Beberapa tipe printer model baru dilengkapi dengan fasilitas Cleaning system. Coba lakukan dengan fasilitas bawaan ini yakni dengan melakukan test printer berulang-ulang. Atau juga ada yang telah dilengkapi dengan fasilitas untuk membersihkan head (cleening head). Fasilitas ini bisa digunakan untuk membersihkan head. Cara ini hanya berguna jika sumbatan pada head tak terlalu parah. Biasanya untuk head tersumbat yang paRah cara ini jarang berhasilnya. Dan jika proses cleaning head menggunakan fasilitas tersebut anda lakukan berulang-ulang mungkin 15 sampai 20 kali maka itu akan menyebabkan boros tinta. Atau bahkan bisa menyebabkan “Waste ink tank full” sehingga perlu di reset.

Cara yang lainya adalah tinggal mengganti cartidge. Cara ini bisa dilakukan jika cartidge dan head menyatu. Cara ini memang cepat dan gampang, namun memakan biaya yang lumayan merogoh kocek kita. Coba bayangkan jika kejadian ini sering anda alami.Boro-boro mau hemat. saya hanya menganjurkan ini untuk pilihan terakhir.

Dan terakhir ini salah satu cara yang bisa kita coba. Kita coba bersihkan sendiri head printer. Yaitu dengan merendam atau memasukan head printer kedalam cairan/air boleh ditambahkan alkohol atau ammoniac kedalamnya (ingat yang dimasukan ke cairan hanya bagian head-nya saja, bukan semuanya). Atau kalau perlu anda membeli cairan khusus untuk membersihkan head printer yang mengering ini (cartridge flush solution), namun cairan ini lumayan juga harganya. Silahkan anda lakukan langkah ini sekitar 10 menit atau kalau perlu seharian juga tidak masalah. Langkah ini bisa mencirkan lagi tinta yang mengering. Dengan cairnya tinta kering tersebut diharapkan bisa untuk mencetak dengan bagus lagi.

Blinking Canon i320 i255

JIka terjadi blingking warna kuning dan hijau itu menandakan telah terjadi over counter number di printer, tenang itu bukan kerusakan yang fatal, kalau masih kaget minum segelas air putih atau susu, lebih mantep i temenin orang yang di sayangi .. hehehehe … sesudah itu tarik nafas dalam dalam .. kek film taichi master … so lakukuan hal hal sebagai berikut :

Reset Waste Ink Counter.
Langkaj Mengatasi secara sementara
1. Lepaskan kabel power dan kabel  USB.
2. Buka Cover  atau penutup printer bagian depan.
3. Pasang kaber power.
4. Tutup Cover  atau penutup printer bagian depan, lemudian tekan power button.

atau

Pilihan ke 2 untuk Mengatasi secara sementara
1. Matikan Power printer. dan cabut kabel power printer.
2. Tekan dan tahan tombol POWER , masukan kabel power.
3. The indicator (L.E.D.) harus berwarna hijau.
4. Tekan and ULang tombol RESUME , indikator (L.E.D.) harus berwarnaorange.
5. Tekan and ulang tekan tombol RESUME , the indicator (L.E.D.) harus berwarna hijau.
6. Tekan Ulang tombil keduannya.

atau

Pilihan ke 3 untuk Mengatasi secara sementara
1. Matikan Power printer. dan cabut kabel power printer.
2. Tekan dan tahan tombol POWER , masukan kabel power.
3. lepas dan tekan ulang tombol POWER.
4. jika indikator (L.E.D.) harus berwarna hijau maka printer siap di gunakan.

step 2 : Software for Permanant
1. Reconnect the printer cable.
2.Open General Tools software and select (USB PORT)
3.Choose (SET DESTINATION 1) And it should be reset.

Sofware Download “After service mode Pls use software for permanent reset”

~ oleh desktopku pada Agustus 24, 2008.

 
%d blogger menyukai ini: