Ubuntu tidak bisa booting – Error 24


Minggu yang lalu saya coba menginstall mythtv. Bebarpa hari kemudian ubuntuku tidak mau restart booting gagal, dengan keluar pesan error 24. Karena untuk pengalaman ini saya tidak begitu faham sampai saat ini saya coba untuk mencari solusi.

Meminstall ulang adalah bukanlah pemecahan solusi yang tepat, bagai mana tidak saya harus lagi koneksi internet dan update beberapa program yang saya perlukan dan lagi tidak punya koneksi internet yang cukup cepat, hanya mengandalkan cdma starone.

Ada saran dari Millis :

Menggunakan e2fsck

ok… dengan adanya masalah ini ternyata ada hikmahnya saya belajar satu hal. Tapi aku cuma sebatas dapat informasi itu, tanpa informasi cara penggunaannya. Kemudian aku coba browsing lagi, gak sia sia akhirnya ada juga millis yang menerangkan cara menggunakan e2fsck ini.

Cara menggunakan :

e2fsk adalah sebuah standar tool, dan kita dapat menggunakannya dari CD Live.  Dengan cara booting menggunakan live CD, buka terminal window dan ketikan :

sudo e2fsk /dev/hda1

—————————–

Baiklah saya mulai mencoba melakukan hal itu . Saya buka terminal ,lakukan ini, dan keluarlah pesan proses :

ubuntu@ubuntu:~$ sudo e2fsck /dev/hdb1
e2fsck 1.38 (1-12-2008)
e2fsck: Filesystem revision too high while trying to open /dev/hdb1
The filesystem revision is apparently too high for this version of e2fsck.
(Or the filesystem superblock is corrupt)

The superblock could not be read or does not describe a correct ext2
filesystem. If the device is valid and it really contains an ext2
filesystem (and not swap or ufs or something else), then the superblock
is corrupt, and you might try running e2fsck with an alternate superblock:
e2fsck -b 8193 <device>

Kemudian saya akukan lagi :

ubuntu@ubuntu:~$ sudo e2fsck -b 8193 /dev/hdb1
e2fsck 1.38 (30-Jun-2005)
e2fsck: Bad magic number in super-block while trying to open /dev/hdb1

The superblock could not be read or does not describe a correct ext2
filesystem. If the device is valid and it really contains an ext2
filesystem (and not swap or ufs or something else), then the superblock
is corrupt, and you might try running e2fsck with an alternate superblock:
e2fsck -b 8193 <device>

Saya jadi gak yakin apa yang saya lakukan akan berhasil, tapi saya penasaran bagaimana untuk menyelesaikan nya lagi masalah ini.

Any ideas how to fix this or is it time to reinstall? huhhhh menyebalkan.

~ oleh desktopku pada Desember 3, 2008.

Satu Tanggapan to “Ubuntu tidak bisa booting – Error 24”

  1. coba ini om :
    http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=999339

    atau kalo udah fix, bisa tolong di update dunk blog nya..

Tinggalkan Balasan

 
