Setting Nokia N6120 sebagai modem


Artikel ini saya buat karena baru saja saya menggunakan Handphone Nokia 6120 sebagai modem.sebelumnya saya memakai Sony Ericsson K750i yang hanya terbatas sinyal GPRS saja, Karena ingin memiliki akses internet yang cepat , saya tukar tambah Hp SE K750i dengan Nokia N6120,Untuk Provider nya saya ambil paket unlimited Telkomsel yang lagi hangat-hangatnya diperbincangkan. Walaupun tempat saya di Jambi masih kadang hilang2an sinyal 3G nya, tapi lumayanlah dengan memakai Nokia N6120 ini.

Ok , sekarang saya akan berbagi tip dalam menginstall Nokia N6120 ini sebagai modem yang digunakan untuk mengakses internet melalui telkomsel . Untuk support handset ini bisa juga mengunjungi situsnya di www.nokia.co.id/6120classic/support atau ke kostumer service nya di www.nokia.com/customerservice.

Pertama, sewaktu membeli pastikan anda mendapatkan CD Nokia PC suite dan kabel data nya. Dalam menginstall modem Nokia N6120 ini berbeda dengan SE K750i, dimana untuk SE K750i , begitu handset terhubung ke komputer , langsung detect modem dan menginstallnya. Kalau Nokia N6120 ini kita harus install dahulu Nokia PC Suite nya. Awalnya saya sempat bingung juga kenapa ga mau detect modemnya, apa di CD ini ga ada file modem nya.

Kedua, setelah Pc Suite nya diinstall, kita buka device manager , klik kanan My Computer ,pilih properties. Terus pilih Hardware-Device Manager. Lihat di other device , biasanya ada Nokia N6120, hanya saja masih ada tanda tanya warna kuning, menandakan belum terinstall driver nya. Klik kanan saja pilih Update driver, kemudian next, proses install akan berlangsung.

Jika sudah selesai artinya Nokia N6120 sudah ready ( siap untuk digunakan ) ditandai dengan logo hp yang menyala.

Kemudian kita test dahulu modem nya , klik start-kontrol panel-Phone and Modem. klik tab Modem.

terlihat modem nokia nya sudah terinstall. untuk test nya klik properties-Diagnostics ,Query modem . Kalau berhasil akan ada kata success.
Selanjutnya tinggal buat koneksi ke internet , klik kanan logo handphone yang menyala tadi, pilih hubungkan ke internet. Selanjutnya muncul kotak dialog One Touch Access.

Klik Pengaturan.

Pilih Konfigurasi sambungan secara manual, klik berikutnya (next).

Isikan titik akses nya internet atau telkomsel . Selesai.
Kemudian kliksambungkan , jika sukses akan keluar tulisan Nokia GSM Phone USB Modem (OTA) is now connected. Speed : 460.8 kbps . Gbr dibawah menyatakan bahwa kita sudah terhubung ke internet.
Jangan tutup Screen ini, minimize kan saja.

Selamat berselancar di dunia maya.

Ok, selesai sudah artikel cara menginstall Nokia N6120 sebagai modem.

~ oleh desktopku pada Maret 24, 2009.

2 Tanggapan to “Setting Nokia N6120 sebagai modem”

  1. Trim akan gua cobain ,sukses

  2. My little caravan School Holiday Activities craft parties for children

    Setting Nokia N6120 sebagai modem | DESKTOPKU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: