1. Install First Fedora 9


Hm ternyata karena keperluan kantor gw harus juga install Fedora baru karena server fedora 5 sebelumnya crash. karena takut nanti yang crash itu ternyata dari Hard Disk yang bad Secktor (cape tiap kali betulin lagi.. betulin lagi), makanya gw ambil langkah untuk buat server cadangan baru yang dvdnya gw dapet beli dari rtm – depok dan yang ada cuma mpe persi 9,  ya udah dengan kapasitas Hard Disk 160 Giga Seagate Ata gw mulai Install.

Dengan menggunakan metode: askmethod  :

Pada saat dvd boot muncul :

Tekan Esc kemudian ketik

boot:  linux askmethod (enter)

gak lupa NIC di setting dengan IP Statik dan Gateway mengarah ke router trus DNS internet juga. karena gw fikir nanti buat update langsung internet saat menggunakan kesukaan gw ==> yum installer

Dari pengalaman menggunakan linux khususnya fedora ini, ternyata kita harus belajar berfikiran secara cerdik, di front end desktop setelah gw masukan id gw (karena konon katanya tidak boleh kita masuk sebagai root, hihihi ya sekarang aja login masuk root gak bisa, jadi ya apa boleh buat login sebagai id user gw yang tentunya sudah didaftar sebagai user :)))

Karena kerjaan gw disini itu merangkap rangkap, ada saatnya jadi design, programmer, it support huh memang melelahkan, but itulah yang harus kita nikmati kalau menjadi seorang pegawai apapun jabatannya, kecuali jadi pengusaha, Untuk keperluan lainnya yang pertama gw lakukan adalah mencari koneksi putty.exe(bisa cari di om google) dari pc windows  buat ngeremote cosole, dengan memasukan ip 192.xxx.xxx.xxx port 22 suittttt gak jalan mak???? .

Yo wies … aku utak atik firewall nya di desktop guinya gnome fedora. contreng ssh nya

~ oleh desktopku pada Juli 10, 2009.

Tinggalkan Balasan

 
